Selasa, 03 Maret 2009

LDK STAIL Menyonsong Kehidupan Baru

Sejatinya, Aktivis LDK STAIL adalah  para mahasiswa dan santri di Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman al-Hakim (STAIL) di bawah naungan Pesantren Hidayatullah Surabaya. Sebuah  Yayasan yang bergerak dalam bidang Pendidikan, Dakwah dan Sosial yang berdiri pada Th. 1987 dan sampai sekarang berkembang dengan pesat.  di seluruh kota Kabupaten di Jawa & Nusa Tenggara. Sedangkan  STAIL Surabaya sendiri salah satu perannya mempersiapkan para Da’i dan kiyai yang siap diterjunkan ke daerah-daerah untuk membina umat di daerahnya masing-masing.

Awalnya para mahasiswa sangat mengkhawatirkan dan mencemaskan kondisi kader muda mujahid muslim Indonesia, yang terkotak-kotak dalam bingkai organisasi. Semua merasa paling benar, dan sangat sulit untuk bisa mengajak mereka duduk dalam satu atap. Merespon kondisi tersebut, maka angkatan tahun 2004 membuat LDK (lembaga dakwah kampus) STAIL. LDK ini berafiliasi pada dua LDK utama, yakni FS-LDK & BK-LDK. Waktu mengikuti acara simposium nasional di IPB (Bogor), teman-teman STAIL turut serta, bahkan ketika FS-LDKN di Lampung pun temen-temen LDK dari STAIL juga turut serta. Pernah kami ditanya, STAIL kok ikut dua-duanya. Kami jawab “dua-duanya bagus dan tidak ada perbedaan, melainkan tekhnis dan pendapat yang tidak bersifat ushul”.


LDK STAIL juga pernah berupaya untuk meminimalisir kondisi split LDK tersebut. Namun sebagai kampus kecil tak besar yang dapat kami lakukan. Dalam forum FS-LDKD II di UBAYA pun akhirnya disepakati untuk mendirikan forum kajian mahasiswa yang kala itu kami sebut PUSAT KAJIAN ISLAM MAHASISWA (PKIM). Kajian ini terus dilanjutkan oleh generasi penerusnya namun sempat beberapa bulan vakum. Dengan izin Allah Angkatan 2008-2009 kini muai mengaktifkan lagi kajian tersebut.  Bahkan semacam ini akan terus berjalan karena pihak PUSKOMDA LDK Surabaya telah membuat giliran perkampusnya. kajianini selanjutnya aakn langsung diisi oleh para senior tokoh Suara Hidayatullah (SAHID).

 Akhirnya Kami berharap dan selalu berdoa semoga dengan kegiatan kajian tersebuat dapat lebih mengakrabkan lagi dengan teman- teman di kampus luar.


2 komentar: